Contoh Teks Naskah Pembawa Berita dan Reporter

Pembawa berita 1 :

Selamat pagi pemirsa, kembali bersama saya Ahmad Fadhil dan rekan saya Nuri Safitri di acara Frozen News, untuk mengabarkan berita- berita yang teraktual tajam dan terpercaya, yang kami rangkum dalam Frozen News pagi ini.

Pembawa berita 2 :

Berita pertama dari Palembang Sumatera Selatan, Pembakaran lahan gambut menyebabkan kabut asap yang pekat, hal ini berdampak pada terganggunya aktivitas masyarakat. Untuk informasi selengkapnya akan disampaikan oleh rekan saya Asri Pratiwi yang sudah berada di Palembang. Baik rekan Asri silahkan menyampaikan informasi yang anda dapat.

Reporter 1 :

Baik, Fadhil dan juga Nuri dilaporkan langsung dari provinsi Sumatera Selatan, terkait dengan kabut asap yang terjadi. menebalnya kabut asap akibat pembakaran lahan gambut di sumatera selatan ini tidak terlalu terasa dampaknya pada siang hari menurut warga sekitar dampak kabut asap ini lebih terasa pada sore hingga pagi hari tepatnya pada pukul 8 malam hingga pukul 10 pagi.

Saat ini masyarakat sedang beraktifitas normal seperti biasa . Namun pemerintah menyarankan untuk menggunakan masker untuk mengantisipasi kabut asap yang bisa menganngu saluran pernapasan, namun masyarakat masih banyak tidak mengunakan masker.

Pembawa berita 1 :

Asri, Pekatnya kabut asap tentunya mengurangi jarak pandang, apakah hal ini mengganggu bagi para pengguna jalan? Khususnya transportasi darat.

Reporter 1 :

Untuk transportasi darat dampak dari kabut asap tidak terlalu berpengaruh tetapi pada transportasi air yaitu disini di sungai musi lebih terasa dampaknya, jarak pandang pun hanya 500 meter dari penglihatan mata. hal yang sama terasa di lalu lintas udara lebih terasa dampaknya.

Saat ini masih lebih dari 300 titik api yang berusaha dipadamkan oleh pemerintah setempat. pemerintah pun menggunakan waterbooming untuk memadamkan titik api.

Bisa kita lihat cuaca cukup cerah tapi itu hanya terjadi di siang, ketika sore hari jarak pandang mulai menurun bahkan sungai musi tidak terlihat. Jarak pandang menjadi lebih dekat dan ini tidak terjadi di darat tetapi juga diudara.

Pembawa Berita 2 :

Baik, terimakasih Asri atas informasinya. Semoga masalah ini segera mendapatkan penanganan lebih lanjut dari pemerintah.  Berita selanjutnya adalah, gempa bumi yang terjadi di Banten, dampaknya dirasakan juga pada beberapa daerah, salah satunya kota Bandung, kepanikan warga terjadi saat gempa mengguncang.

Pembawa Berita 1 :

Sekarang sudah ada rekan kami Siti Taru yang akan melaporkan langsung dari Bandung Jawa Barat. Silahkan Taru untuk melaporkan informasi yang anda dapat.

Reporter 2  :

Baik, Fadhil dan Nuri. Gempa yang terjadi di banten ini sangat terasa sekali di bandung. disini kami dapatkan informasi bahwa gempa terasa dikawasan terpadu trans, banyak sekali orang yang berhamburan dari kawasan tersebut akibat merasakan guncangan gempa tersebut. tadi kami mendapatkan informasi bahwa gempa tidak hanya tidak terasa di bandung tapi juga terasa di tasikmalaya dan juga sukabumi, apalagi sukabumi merupakan daerah pantai sehingga para warga siap untuk potensi yang akan terjadi, kemudian daerah jawa barat lain kami dapatkan informasi bahwa dirasakan juga gempa.

di Banten sendiri guncangan terasa lebih keras dan sangat terasa, jadi bisa dibayangkan bagaimana situasi di daerah yang dekat dengan pusat gempa.

Tadi baru kami dapatkan informasi memang benar bahwa gempa berpusat di banten, berasal dari dalam air dengan magnitudo 7,4 skala richter.

Pembawa berita 2 :

Taru, mendengar besarnya gempa yang terjadi, apakah gempa ini menyebabkan kerusakan beberapa bangunan dan adakah korban jjiwa dalam peristiwa ini?

Reporter 2 :

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menyatakan sudah ada dua rumah di Kota Bandung yang mengalami kerusakan.

Kedua rumah itu berada di Kampung Junti Hilir RT 02 RW 03, Desa Sangkanhurip, Kecamatan Katapang.
Tidak ada korban jiwa saat kejadian gempa, penghuni sedang tidak berada di rumah.

Seikian laporan saya dari Bandung Jawa Barat. Kembali kepada Fadhil dan Nuri di studio.

Pembawa berita 1 :

Terima kasih rekan Taru atas informasinya.

Berita tadi menutup acara Frozen News pagi ini. Nantikan berita-berita lainnya di Frozen News selanjutnya. Saya Ahmad Fadhil dan rekan saya Nuri Safitri mengucapkan terimakasih dan sampai jumpa.

Contoh video pembawa berita dan reporter : youtube.com/watch?v=bpSQarJVetQ&t=20s

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *