Pengertian, fungsi, macam-macam dan cara menggunakan printer

Pengertian Printer

Printer adalah alat yang dapat menampilkan teks atau gambar yang semula berasal dari software digital menjadi berupa bentuk yang dicetak di kertas.

Printer berasal dari kata “Print” yang artinya adalah cetak, sehingga printer adalah alat untuk mencetak. Pada dunia komputer, printer merupakan perangkat tambahan (peripheral) output yang menampilkan hasil tulisan atau gambar di sebuah kertas atau media sejenis.

 

Fungsi Printer

Printer berfungsi sebagai alat pencetak atau menampilkan data dari komputer kepada user dengan langsung. Data yang dicetak ini dapat apa saja, seperti dokumen, surat, arsip, dan juga dokumen penting.

Saat ini dokumen dapat dengan mudah dibuat menggunakan aplikasi atau software pengolah kata seperti Microsoft Office. Adapun jenisnya ada Microsoft Word, excel, power point, publisher serta jenis notepad.

Macam-macam printer

1. Printer Dot-Matrix

Pada jenis printer Dot-Matrix sobat akan menemukan beberapa jarum yang terdapat dalam sebuah panel yang nanti membentur sebuah pita, sehingga akan menghasilkan titik – titik yang saling terhubung dan membentuk text pada media kertasnya. Jenis printer ini banyak sobat komputer temukan di meja kasir toko atau supermarket.

2. Printer Inkjet

Jenis printer Inkjet memiliki teknologi yang disebut dengan teknologi dor on demand, yaitu teknologi yang dapat menghasilkan titik – titik kecil lewat semprotan tinta dari nozzle. Printer jenis ini banyak sobat temukan di intansi – intansi dan rumahan.

3. Printer Laser

Jenis printer yang satu ini menggunakan teknologi laser yang digunakan untuk menyinari drum toner sehingga akan menghasilkan titik – titik yang membentuk text atau gambar pada media kerta. Kelebihan dari jenis printer yang satu ini adalah dari segi kecepatan dan kualitas cetakan yang lebih bagus dari jenis printer lainnya.

4. Printer Thermal

Jenis printer yang satu ini menggunakan sistem pemanas elektronik yang digunakan untuk mengaktifkan tinta yang ada pada roll karet. Kebanyakan jenis printer ini dibutuhkan untuk mencetak data secara cepat, seperti nota pembelian, laporan transaksi dan lain sebagainya. Oleh karena itu jenis printer thermal banyak sobat jumpai di meja kasir supermarket dan bank.

5. Printer 3D

Jenis printer yang satu ini cara kerjanya hampir sama dengan printer Inkjet perbedaannya adalah tinta yang digunakan untuk mencetak menggunakan jenis plastic molten wax. Printer 3D menggunakan teknologi additive manufacturing yang mempu membuat layer – layer sampai membentuk objek 3D dan bukan membuang material seperti halnya mesin cutting.

6. Printer Multifungsi

Pada dasarnya printer ini sama dengan printer Inkjet, hanya saja terdapat beberapa fitur lain yang digabungkan pada mesin printer ini, seperti scanner, fax, telephone, kartu jaringan dan lain – lain. Sehingga printer ini mempu untuk mengerjakan banyak hal seperti Cetak, Scan, Foto Copy, Faximile dan lain sebagainya.

 

Cara Mengoperasikan Printer

Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah menginstal software driver pada komputer atau laptop Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Hubungkan kabel data dan adaptor pada printer

2.Sambungkan kabel   adaptor pada sumber listrik

3. Nyalakan komputer atau laptop, tunggu sampai proses booting selesai

4. Nyalakan printer dengan menekan tombol power

5. Masukkan CD Software Driver ke dalam komputer atau laptop Anda

6. Tunggu sampai muncul tampilan instalasi hardware di layer

7. Ikuti petunjuk di layar sampai tahap dimana instalasi meminta untuk menghubungkan printer ke computer

8. Tancapkan kabel data USB printer ke dalam komputer, tunggu sampai proses pendeteksian selesai.

 

Setelah komputer atau laptop Anda dapat mengenali printer dengan baik, maka printer siap untuk di gunakan untuk mencetak data dari komputer atau laptop Anda.

  1. Bukalah program aplikasi yang akan Anda gunakan untuk mencetak data
  2. Klik menu file
  3. Pilih Print
  4. Klik OK/Print
  5. Tunggu sampai proses mencetak selesai.

Silahkan tonton video mengenai fungsi printer : https://www.youtube.com/watch?v=xVTibAJuSZk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *